Minggu, 24 Oktober 2010

TUGAS FPGA (FIED PROGRAMABLE GATE ARRAY)

FPGA (FIED PROGRAMABLE GATE ARRAY)

Biasa disingkat dengan FPGA merupakan salah satu cpu untuk keperluan khusus. Merupakan chip yang menggunakan transistor khusus. Dengan menggunakan metode ini arah dari suatu perintah bisa diatur atau di program.
Chip pada fpga ini merupakan chip yang dapat di konfigurasi, untuk menjalankan fungsi tertentu, tanpa perlu melewati prosses semi konduktor yang rumit dan mahal. Perangkat ini termaksud salah satu jenis prangkat programming logic device(PLD). Diamana fpga mempunyai banyak kelebihan dibanding jenis-jenis pld sebelumnya. Diantaranya adalah jenis yang jumlah gerbangnya yang sangat banyak (Ribuan –Ratusan ribu). Kecepatannya yang sangat tinggi mudah diprogram dan dapat diprogram berkali-kali.
Pembuatan rangkaian digital dengan FPGA cukup menyenangkan dan menarik, karena biasanya tersedia software yang multi fungsi. Dengan sofware tersebut kita dapat merancang dan menyimulasi rangkaian dikomputer PC, setelah itu meloading rangkaian kechip FPGA melalui port pararel LPT1. Perancangan rangkaian dapat kita lakukan dengan cara skematis yang menggunakan simbol-simbol layaknya menggambar rangkaian digital dikertas atau dengan bahasa VHDL(visual hardware description languague) dan verillog yang lebih sulit kekurangan FPGA adalah sifat program koneksinya masih volatile(menguap). Sehingga jika aliran suplay terputus program koneksinya akan hilang, namaun hal itu dapat diatasi dengan menambahkan room pada rangkaianya.
Contoh perangkat lunak dan perangkat keras yang menggunakan teknologi ini adalah xilinx. FPGA ini diantaranya digunakan untuk pengukuran perancangan IC.

By Danang saputra with No comments

0 komentar:

Posting Komentar