Selasa, 04 Oktober 2011

Business of english Letter(1)

A. Business of english letter
Saat ini surat sudah menjadi hal biasa dalam komunikasi tertulis secara tidak langsung, baik dalam komunikasi antar keluarga, kebutuhan berbisnis dan sarana untuk mencari pekerjaan, adalah contoh sarana komunikasi tertulis. semakin berkembangnya teknologi informasi dapat meminimaliskan proses komunikasi lewat surat, saat ini perusahaan-perusahaan bonafit tidak lagi menerima lamaran pekerjaan lewat media tertulis seperti surat, banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet membuat perusahaan beralih ke cara tersebut, karna lebih instan dan mudah dalam proses penerimaan calon karyawan yang akan bekerja di suatu perusahaan. walaupun banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa tersebut, tapi tak mengurangi seorang untuk berkreasi. karna kreasi tidak dapat digantikan dengan media apapun, karna dengan cara melihat tata cara penulisan, seorang dapat melihat kemampuan dan kreatifitas dari penulis. saat ini hampir semua perusahaan memprioritaskan penulisan surat lamaran menggunakan bahasa inggris, perusahaan bermaksud untuk menunjukan arti dari bahasa inggris dalam berinteraksi di perusahaan, karna bahasa inggris adalah bahasa yang harus dimengerti. dibawah ini akan dijelaskan tata cara penulisan surat lamaran kerja dengan bahasa inggris dan surat bisnis.

Example of Business Letters - Sales and Promotional Letters

Tone Deaf Music
587 East Street, Anytown, MI 45123

August 15, 2004

Linda Goodman
Guitars and Such
784 Peach Street
Yourtown, MI 45126

Dear Mrs. Goodman:

I will be in Yourtown on September 5, 2004 and would like to meet with you at your office to discuss the new guitar models that you may be interested in for the upcoming year.

I have enclosed our latest catalogue. Please note the items in light blue highlights. They are the new guitar models to come in and are now on a special to preferred clients.

I will contact you later this week to schedule an appointment. If you need to get in touch with me, please call me at 1-888-457-7896. I look forward to talking with you. Thank you for your continued business.

Sincerely Yours,


Paime Mimonei

Sales Representative

Diatas telah diberiakan contoh penulisan surat bisnis Customer Relations Letters, dan Sales and Promotional Letters dalam menulis surat bisnis harus memperhatikan tata urutan kata secara sistematis dan penggunaan bahasa penulisan yang jelas serta mudah dimengerti, dibawah ini akan dijelaskan pengertian dan fungsi dari masing-masing langkah penulisan agar terlihat lebih sistematis dan mudah dimengerti.

A. LAYOUT OF A BUSINESS LETTER
Bagian-bagian dari surat bisnis adalah sebagai berikut :
1. Sender's address { alamat yang dituju}
2. Date {keterangan tanggal}
3. Inside address { Didalam alamat }
4. Attention line {Perhatian baris }
5. Salutation { Salam pembuka }
6. Body of the letter { Isi surat }
7. Complimentary close { Salam penutup }
8. Signature { Tanda tangan }
9. Enclosures { Lampiran }

Dari sembilan point di atas akan dijelaskan fungsi dari masing-masing adalah sebagai berikut :
1. Sender's address { alamat yang dituju } biasanya diberikan pada kop surat atau kepala surat, dan diletakan di pojok kanan atau kiri surat. berupa alamat yang akan penulis kirimkan.
2. Date { Keterangan Tanggal } Tanggal ditulis di bawah alamat pengirim. untuk penulisan bulan sebaiknya ditulis dengan nama bulan, tidak ditulis dengan keterangan angka. karna dapat membingungkan. format penulisan tanggal yang benar 31 januari 2011.
3. Inside Address { Alamat di dalam } dimulai dengan nama perusahaan atau nama orang, jika terdapat nama. Judul harus digunakan sebelum nama sapaan seperti : Mr, Mrs, Miss, Ms, Bapak,M. Sc, Dr, Prof, Kapten, Mayor, Kolonel, Jenderal alamat ini juga dapat dimulai dengan judul pekerjaan atau departemen (jika Anda tidak tahu nama): Manajer Penjualan, Departemen Account.Item yang mengikutinya:- Nama rumah atau bangunan- Jumlah bangunan dan nama jalan- Nama kota dan kode pos yang
- Nama negara
4. Attantion line { Garis Perhatian } adalah sebuah alternatif untuk menempatkan nama penerima di alamat.
5. Solutation { Salam Pembuka } adalah sebagai berikut:- Dear Sir - untuk seorang pria yang namanya Anda tidak tahu- Dear Sirs / Gentlemen - untuk perusahaan- Dear Madam - untuk seorang wanita yang namanya anda tidak tahu- Dear Sir atau Madam - untuk seseorang yang namanya anda tidak tahu- Dear Mr Smith - kepada orang yang namanya anda tahu- Dear John - untuk orang yang Anda kenal baik
6. Body of the letter {Tubuh / isi surat} biasanya ditulis dalam gaya diblokir. Sebuah garis ruang kosong antara paragraphs, pada suarat lamaran kerja terdiri dari 3 paragraf:
7. Complimentary close {Pernyataan penutup} jika surat dimulai dengan salam pembuka surat harus juga dilengkapi dengan penyataan penutup.
- Jika surat dimulai Dear, Sir / Sirs / Madam / Sir atau Madam inidekat harus Salam Hormat- Jika surat dimulai dengan nama pribadi, misalnya Dear Mr James, harus diakhiri dengan salam hormat Hormat
- Sebuah surat kepada seseorang yang Anda kenal diakhiri dengan koma.
8. Signature {Tanda tangan} - berfungsi untuk mem formalkan isi dari surat, dengan tanda tangan penerima surat dapat lebih yakin dengan apa yang telah dituliskan, sertakan juga nama anda atau gelar yang telah anda dapatkan.
9. Enclosures {Lampiran} - lampiran bertujuan untuk menuliskan sesuatu tambahan yang dapat di lihat oleh seorang penerima surat.

Paragraf pertama berisi ketertarikan ana untuk melamar posisi yang ditawarkan dan dari mana anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut

contoh penulisan:

Saya, danang saya sangat tertarik dan berminat mengisi posisi sebagai It programing di PT indosat. saya mendapatkan informasi dari koran pagi, tanggal... saya yakin telah memenuhi semua syarat untuk menduduki posisi tersebut. saya juga sangat yakin bahwa sayalah orang yang paling tepat untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Paragraf kedua berisikan informasi pelamar secara pribadi. misalnya informasi tentang kepribadian, hobi, keterampilan dan pengetahuan. pelamar yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

contoh penulisan:

Saya lulusan fakultas ilmu komputer jurusan sistem komputer universitas... tahun...dengan IPK...saya juga mengikuti kursus iT di...,lulus pada...dengan nilai yang sangat memuaskan.kemampuan mengetik saya 80 kata permenit.

Paragraf ketiga berisikan ucapan terima kasih , kesediaan untuk diwawancarai, dan lampiran seperti foto kopi sertifikat, foto kopi ktp, dan lain-lain.

Contoh penulisan:

Demikian surat lamaran ini saya buat . saya bersedia diwawancarai, kapanpun, saya juga melampirkan foto kopi ijasah, foto kopi sertifikat dan foto kopi memori

Contoh surat bisnis dalam bahasa indonesia

Jakarta, 25 April 2011.

Manajer Personalia PT. Jl. Jakarta Selatan 10001

Re: Aplikasi

Dear Sir,

Saya telah membaca iklan Anda di harian Kompas tanggal 21 April 2011. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan proyek raksasa Anda sebagai Sekretaris Gudang. Saya sangat berterima kasih jika saya diterima sebagai anggota tim dalam perusahaan Anda.

Saya 28 tahun dan lulus dari Universitas Jakarta, Fakultas Akuntansi tahun 1994. IPK saya 3,75. Saya bisa mengoperasikan beberapa aplikasi komputer seperti MS-Word, MS-Excel, WordStar, Lotus untuk Windows dan Windows ’97. Saya memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun dalam tim dan mudah beradaptasi dengan negara.

Jika waran kualifikasi saya, saya akan senang untuk datang untuk wawancara. Saya ingin mendengar dari Anda. Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Hormat saya


Nama Anda


B. FORM AND STLYE BUSINESS ENGLISH LATTER

Agar terlihat lebih menarik saat dibaca penyusunan desain pada surat pun harus di perhatikan karna jika terlihat menarik keinginan untuk membacapun semakin besar di bawah ini akan di jelaskan tata letak dari surat bisnis beserta contoh gambarnya.


Contoh surat bisnis dalam bahasa inggris

Contoh surat bisnis yang kedua
A. Full block style
Semua bagian surat yang dibuat dengan bentuk ini, diketik mulai dari margin kiri. Jarak penulisan paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya diberi spasi satu baris. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh surat bentuk lurus penuh berikut :
B. SEMI BLOCK STYLE
Pada surat berbentuk setengah lurus, semua bagian surat diketik seperti bentuk lurus, kecuali isi surat. Setiap alinea baru diketik sesudah lima ketukan dari margin kiri. Alinea yang satu dengan alinea yang lainnya tidak diberi jarak.


C. INDENTED BLOCK STYLE
Terdapat nama organisasi yang dituliskan pada kepala surat, nama tanggal di tulis di sebelah kiri surat, surat ini memiliki bentuk berlekuk sebagai ciri khas dari block tersebut.


D. HANGING BLOCK STYLE
Mempunyai bentuk mirip dengan Semi block style. Pada Hanging style format paragrapnya menggantung, atau lebih condong kekiri sedangkan Semi block style setiap paragrap baru diberi jarak penulisan, atau lebih penulisan lebih kedalam.

E. MODIFIELD BLOCK STYLE

semua bagian surat kecuali tanggal dan salam penutup diketik mulai dari pojok garis piggir kiri yang sama, tanggal dan salam penutup diketik di sebelah kanan pengetikan alinea sama seperti garis lurus penuh.
F. OFFICIAL BLOG STYLE

Bentuk surat resmi Indonesia, biasanya, dipakai oleh instansiinstansi pemerintah. Bentuk ini mempunyai dua variasi, yaitu:

a. Bentuk Resmi Indonesia Lama Surat-surat dengan bentuk ini mempunyai ciri-ciri:

(1) Tanggal surat didahului nama tempat,

(2) Alamat surat ditulis di sebelah kanan surat, di bawah nama tempat dan tanggal surat,

(3) Jabatan pengirim surat ditulis di atas tanda tangan, nama ditulis di antara tanda kurung, dan

(4) nama pengirim surat digarisbawahi.

http://www.crayonpedia.org/mw/Korespondensi_12.1_Nani_darmayanti

Agar lebih jelas, perhatikan contoh surat berikut ini.

b. Bentuk resmi indonesia baru surat yang dibuat dengan bentuk ini mempunyai ciri-ciri :

(l) tanggal surat ditulis tanpa didahului nama tempat karena nama tempat sudah tertulis pada kepala surat;

(2) alamat surat ditulis pada sebelah kiri;

(3) di atas tanda tangan ditulis salam penutup dari pengirim surat, jabatan secara singkat ditulis di bawah nama. Khusus untuk surat dinas yang sifatnya formal, jabatan ditulis di atas tanda tangan;

(4) sifatnya tidak formal, jabatan secara singkat ditulis di bawah nama;

(5) nama pengirim ditulis tanpa diapit tanda kurung.

Agar Iebih jelas perhatikan contoh surat bentuk resmi Indonesia baru berikut.


Keterangan:

1. Kepala surat 6. Tubuh surat

2 Nomor 7. Salam penutup

3. Tanggal bulan dan tahun 8. Jabatan pengirim surat

4. Nama dan alamat yang dituju 9. Nama pengirim

5. Salam pembuka 10. Tembusan

Dalam surat yang ditulis dengan bentuk Indonesia baru, alamat surat dan tubuh surat ditulis di bawah nomor/lampiran/perihal.Sementara tembusan ditulis sejajar dengan margin kiri tubuh surat. Jika surat yang dibuat dengan bentuk Indonesia baru tidak menyertakan nomor, lampiran, dan perihal surat, tubuh surat dan alamat surat tetap ditulis mulai dari margin kiri. Akan tetapi, baris awal paragraf ditulis lima ketukan dari margin kiri. Agar lebih jelas, perhatikan contoh variasi bentuk resmi Indonesia baru di samping. Dari berbagai jenis dan bentuk surat yang telah dijelaskan, berikut ini Anda akan mempelajari jenis surat edaran. Apa yang dimaksud dengan surat edaran? Surat edaran adalah surat yang berisi pemberitahuan yang ditujukan kepada seseorang (pejabat) atau beberapa orang (pejabat) tertentu pada suatu instansi. Selain itu, surat edaran pun digunakan untuk memberitahukan sesuatu kepada orang banyak dan diharapkan, isi surat tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Surat edaran, biasanya, berisi penjelasan-penjelasan atau petunjukpetunjuk tentang cara pelaksanaan suatu peraturan atau perintah yang telah ada


By Danang saputra with 1 comment

1 komentar:

Kami sekeluarga panjatkan puji syukur alhamdulillah kepada allah subahana allah taalah dan saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada KI PURWO karna saya adalah salah satu pemenang dari angka togel KI PURWO dan kalau boleh jujur AKI saya hanya pedagang SAYUR di pasar yang penghasilannya tidak seberapa,tapi setelah kami dapat nomor hpnya KI PURWO di internet saya coba-coba menghubungi beliau dan minta bantuan sama beliau melalui angka-angka ghoibnya yang di jamin tembus dan ternyata angka yang AKI berikan 3D 185 ternyata benar-benar terbukti,sekali lagi terima kasih AKI walaupun cuma 3D nya kami sekeluarga sangat bersyukur sekali di bandingkan hasil dagangan sehari-hari yang pendapatannya tidak seberapa dan alhamdulillah AKI saya menang angka sebanyak Rp 100 juta ternyata saya tidak rugi menbayar biaya ritual yang AKI butuhkan tuk menbeli alat-alat sesajen tuk AKI gunakan tuk AKI adakan ritual jadi bagi anda yang ingin angka ghoib hasil ritual yang di jamin tembus silahkan hubungi KI PURWO di nomor 0853.3520.4958 angka yang di keluarkan KI PURWO di jamin 100% kemenangan,terima kasih. >>>KLIK DISINI BOCORAN ANGKA TOGEL<<<

Posting Komentar